Mengenal Asuransi Keluarga dan Manfaatnya

Indonesia menjadi salah satu pasar yang cukup menjanjikan bagi bisnis asuransi. Mengingat jumlah penduduknya yang cukup banyak sekaligus tingginya risiko yang ada, membuat bisnis asuransi bisa masuk ke berbagai lini.

Di Indonesia sendiri terdapat begitu banyak jenis atau ragam produk asuransi yang bisa dijadikan pilihan untuk melindungi diri sendiri maupun keluarga hingga aset kita dari berbagai macam risiko di masa yang akan datang.

Sayangnya, masih banyak orang yang sudah bekerja namun tidak memiliki asuransi untuk memberikan proteksi pada dirinya sendiri dan keluarganya. Padahal seperti yang kita tahu, produk asuransi memiliki peranan penting dalam sebuah kehidupan.

Asuransi membuat kita tak perlu khawatir ketika mengalami hal-hal berisiko yang terjadi di luar dugaan. Contoh saja saat kita jatuh sakit dan membutuhkan perawatan. Biaya yang dibutuhkan tentu tidaklah sedikit.

Dengan memiliki asuransi, kerugian yang seharusnya kita bayar akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis asuransi yang kita beli.

Jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia

Salah satu produk asuransi yang paling populer di Indonesia ialah asuransi kesehatan. Padahal, asuransi sendiri tak hanya sebatas itu. Terdapat juga proteksi asuransi yang lain sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.

Beberapa jenis asuransi yang bisa kita miliki di antaranya

1. Asuransi Jiwa

Asuransi ini berguna untuk memberikan pertanggungan pada anggota keluarga yang ditinggalkan sehingga pendapatan dari kepala keluarga/ Orangtua yang memiliki pendapatan tidak hilang sehingga keluarga yang dtinggalkan tidak kehilangan pendapatan dari seorang pencari nafkah di dalam keluarganya tersebut.

2. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi yang satu ini digunakan untuk meng-cover biaya pendidikan anak di masa mendatang. Kita sebagai orang tua hanya perlu membayar premi tiap periodenya secara rutin sehingga jika terjadis esuatu pada orangtuanya maka program pendidikan anak kita tetap berjalan sesuai dengan yang kita inginkan.

3. Asuransi Hari Tua

Sering juga disebut sebagai asuransi dana pensiun. Produk yang satu ini digunakan untuk melindungi kehidupan masa tua kita dari risiko-risiko finansial ketika kita sudah tidak lagi produktif untuk bekerja.

4. Asuransi Kendaraan dan Properti

Tak hanya manusia yang membutuhkan perlindungan. Aset kitapun seperti properti maupun kendaraan juga memerlukan proteksi dari segala bentuk risiko yang dapat menyebabkan kerusakan.

Contoh saja, jika kamu tinggal di kota yang rawan bencana alam. Maka kamu perlu memberikan perlindungan lebih terhadap properti maupun kendaraan yang kamu gunakan. Nantinya, ketika asetmu tersebut mengalami kerusakan, maka pihak perusahaan asuransilah yang akan menanggung kerugiannya

5. Asuransi perjalanan

Jika kamu suka berpergian, maka produk asuransi yang satu ini sangat direkomendasikan. Dengan asuransi ini, aktivitas traveling-mu akan jauh lebih aman dan nyaman karena kamu tidak perlu khawatir lagi dengan risiko-risiko yang ada.

Selain ke-5 jenis asuransi di atas, masih ada beberapa lagi lainnya. Seperti asuransi bisnis, asuransi kredit dan lain sebagainya.

Nah, salah satu produk asuransi yang belakangan banyak diminati adalah asuransi keluarga. Apa sih asuransi keluarga itu? Proteksi seperti apa yang diberikan? Untuk mengenal lebih jauh mengenai produk asuransi yang satu ini, berikut kami rangkumkan informasi mengenai asuransi keluarga.

Mengenal Asuransi Keluarga

Pada dasarnya, asuransi ini merupakan sub-produk dari asuransi kesehatan. Dengan membeli asuransi keluarga, maka secara tidak langsung kamu sudah memberikan perlindungan pada seluruh anggota keluargamu.

Pada asuransi ini, seluruh keluarga akan termasuk ke dalam pihak yang dilindungi sesuai ketentuan yang berlaku dalam polis. Artinya, 1 polis digunakan untuk seluruh anggota keluarga.

Mengingat, risiko yang ditanggung setiap orang berbeda, maka premi yang harus dibayar oleh orang tua dan anak pun juga tak sama.

Alasan Harus Memiliki Asuransi Keluarga

Sebenarnya, produk asuransi ini memang tak jauh berbeda dengan asuransi kesehatan untuk individu. Hanya saja, perbedaannya terletak pada biaya premi yang harus dibayar serta polis yang berlaku

1. Satu polis untuk bersama

Salah satu keunggulan produk asuransi keluarga adalah polis yang digunakan hanyalah satu. Nah, satu polis ini mencakup seluruh anggota keluarga, sehingga pengurusan polis pun jauh lebih cepat dan praktis

2. Biaya premi yang lebih murah

Asuransi keluarga menawarkan beban premi yang cenderung lebih terjangkau daripada asuransi kesehatan untuk individu. Pasalnya, kita tidak harus membayar premi secara terpisah untuk masing-masing anggota keluarga. Cukup dengan membayar atas nama 1 polis maka seluruh anggota keluarga pun akan secara otomatis termasuk ke dalam perlindungan asuransi

3. Membuat keluargamu jauh lebih aman

Sebagai kepala ataupun tulang punggung keluarga, tentu kita tidak ingin keluarga kita mengalami hal-hal di luar dugaan, bukan? Nah, lewat asuransi keluarga ini, kamu bisa memberikan perlindungan pada mereka saat jatuh sakit tanpa harus menguras habis tabungan di rekening.

Dengan demikian, kondisi keuangan keluarga pun akan tetap stabil karena sebagian biaya pengobatan ditanggung oleh pihak asuransi yang kamu gunakan.

Demikianlah, artikel mengenai asuransi keluarga dan manfaatnya. Tak ada salahnya untuk memiliki produk asuransi tersebut, mengingat kita tak pernah tahu kapan anggota keluarga atau kita sendiri jatuh sakit.

Selain itu, biaya pengobatan di rumah sakit tentu tidaklah murah. Maka dari itu, perlu adanya perencanan keuangan sejak dini termasuk di dalamnya adalah menyiapkan dana darurat serta memiliki asuransi.