Mengelola Keuangan Para Milenial

Seperti yang kita ketahui, bahwa milenial merupakan generasi yang berada di antara generasi tahun 80-an hingga pertengahan 90-an. Generasi ini menjadi salah satu generasi yang belakangan banyak diperbincangkan, terutama mengenai gaya hidupnya yang cenderung konsumtif dan hedonis.

Terbukti menurut sebuah survei, generasi milenial menduduki peringkat pertama dalam kategori generasi paling boros dibandingkan generasi yang lain. Akibatnya, banyak orang dari generasi ini yang mengalami kesusahan dalam mengatur keuangannya bahkan untuk sekadar menabung maupun berinvestasi.

Meski demikian, bukan berarti seluruh generasi milenial adalah mereka yang tak paham literasi keuangan. Tak sedikit dari mereka yang sudah melek finansial. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki cara pengelolaan keuangannya tersendiri yang berbeda dengan orang kebanyakan.

Mau tahu bagaimana cara generasi milenial mengatur finansialnya? Berikut ulasan lengkapnya!

Tips Mengatur Keuangan ala Generasi Milenial

Tips Keuangan Milenial

Sama halnya orang lain pada umumnya, mereka yang terlahir pada generasi Y ini juga memiliki tujuan serta impian dalam hidupnya. Untuk itu, dalam mewujudkan impiannya perlu ada pengelolaan keuangan yang tepat agar mereka dapat mencapai tujuan yang telah mereka tentukan.

Setidaknya terdapat beberapa cara mengatur keuangan ala generasi milenial yang mungkin saja bisa kamu ikuti. Berikut beberapa tips keuangan milenial tersebut:

  • Menyisihkan 10 hingga 30 persen dari penghasilan untuk digunakan menabung atau berinvestasi. Pastikan kamu sudah menyisihkannya di awal dan bukan menabung dengan uang yang tersisa di akhir bulan.
  • Mengurangi pengeluaran-pengeluaran tersier yang tidak perlu seperti membeli gadget baru, kendaraan dan lain-lain.
  • Menyiapkan dana darurat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tak terduga atau di luar rencana.
  • Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran sehingga dapat membantu mengevaluasi kondisi keuanganmu dalam satu periode tertentu.